Apakah Tuhan kita Facebook!

Pagi yang cerah pada hari senin setelah upacara bendera pada jam 08.00 WIB, kucoba membaca beberapa surat kabar alias koran, terlebih kucoba membaca salah satu koran, kubuka halaman demi halaman  dan yang paling kuperhatikan adalah megenai karikatur. Karikatur tersebut kuanggap menarik sehingga dapat kujadikan media untuk dakwah dengan selalu ku-fotokopi dan kusebarkan ke beberapa orang. Kuberharap dengan dibacanya karikatur tersebut maka kaum muslimin sebagai pembaca dapat menerima pesan moral yang terkandung di dalam karikatur tersebut, terlebih mengenai akhlak dan aqidah yang benar dalam islam, terlebih mengenai kebenaran syariat dalam berdoa sesuai yang diajarkan Allah dan Rosullallah.  Itulah tujuan artikel ini.

Kuberharap setelah kaum muslimin membaca artikel ini, meraka dapat sadar diri tentang apa yang telah dilakukannya selama ini yaitu dengan mencocokan antara pesan moral didalam karikatur dengan perilaku/moral/akhlak  pembaca saat ini, apakah kesalahan yang telah dia lakukan, kedosaan yang berulang-ulang yang telah dia perbuat, kekufuran akan teknologi, pemborosan yang berketerusan, kesia-siaan yang hampa, kerugian waktu dan kesempatan, kesombongan yang melahirkan kebodohan, atau kesyirikan yang merusak aqidah. Kuberharap pembaca juga sadar akan hikmah dibalik karikatur tersebut sehingga pembaca dapat belajar dan mempelajari ilmu dan manfaatnya, juga meninggalkan kebiasaan yang tidak bermanfaat terlebih jika pembaca berani mengevaluasi diri disertai dengan bertobat dan beristiqfar sekaligus berubah menjadi lebih baik di mata Allah dan bukan jalan Kesyirikan serta kesesatan yang dipilih.

Sebagai pendahuluan marilah kita bahas mengenai seluk beluk tentang berdoa. Semua kaum muslimin tahu dan faham, bahwa ditujukan kepada siapa ketika hamba melakukan doa, seorang muslim juga tahu bagaimana tentang tata cara berdoa, seorang muslim juga harus faham dan tahu bahwa anggota tubuh apa saja yang bergerak ketika dalam berdoa, seorang muslim juga tahu anggota badan apa saja yang di gerakan dalam berdoa, seorang muslim juga tahu perkataan apa saja yang di ucapkan dalam berdoa, seorang muslim juga tahu perkataan hati apa saja yang kita ucapkan di dalam hati pada saat berdoa, seorang muslim juga harus tahu dan faham tentang siapa yang kita contoh dalam melakukan berdoa, seorang muslim juga tahu tentang  syarat terkabulnya doa, tetapi kenapa mereka yang mengaku kaum muslimin dalam hal berdoa saja mereka belum faham bahkan sangat menyimpang, mereka ternyata terjadi perubahan niat alias salah niat, mereka ternyata terjadi perubahan tujuan sehingga berakibat salah tujuan doa, mereka juga ternyata terjadi salah adab melakukan doa, bahkan menjurus pada kesyirikan dan kesesatan yang nyata, terlebih amal mereka tidak mendapat pahala malah kerugian dan kesia-siaan yang di dapat.

Sebagai pembahasan pertama, marilah kita bahas satu persatu mengenai adab berdoa, yaitu  bagaimana tata cara berdoa yang benar menurut islam dan bagaimana cara pengguna facebook berdoa di dalam update status facebook, sekaligus bahasan mengenai perbandingan serta persamaan dan perbedaan adab berdoa dari keduanya.

Adab berdoa menurut islam : Menghadap ke kiblat, ditujukan kepada Allah, niat secara iklas, mengeluarkan suara lirih dari mulut, bahkan didalam hati, menengadahkan tangan ke langit atau muka.

Adab berdoa dalam facebook :  Menulis kalimat melalui keyboard menggunakan jari untuk mengetik huruf yang tersedia di keyboard, ditujukan kepada teman-temannya di facebook karena memang untuk kalangan facebook, menggunakan organ ujung jari untuk menyusun kata-kata doa supaya tampil di layar.

Berdasarkan persamaanya maka bisa di nilai bahwa niat dari keduanya adalah sama-sama berniat berdoa, tetapi setelah kita nilai perbandingan dan perbedaan dari dua adab tersebut, maka jelaslah bahwa telah terjadi perbedaan yang banyak dalam banyak hal, perbedaan pada tata cara dalam berdoa, terlebih pada cara atau tindakan riil nyata dalam melakukan doa, sehingga bisa dikatakan berdoa di facebook sudah pada ambang peyimpangan bahkan sudah mendekati kesyirikan dan kesesatan bahkan menjurus ke arah membuat ajaran baru dalam islam, yaitu dalam bab adab berdoa.

Untuk lebih memperjelas tentang berdoa dalam facebook, maka Perhatikan gambar serta tulisan  yang terdapat di  dalam update status pada facebook dibawah ini.

recent-updates-596x434

Berikut alasan kenapa berdoa lewat facebook sangat terlarang.

Wahai kaum muslimin, untuk itulah kita wajib berdoalah kepada Allah dengan tata cara yang sudah diajarkan oleh Allah dan Rosullullah, Gunakan tanganmu dengan benar dengan mengadahkan telapak  tangan kelangit atau muka sesuai apa yang di ajarkan Allah dan Rosullullah, Berucaplah dan bersuaralah lirih menggunakan mulutmu sesuai apa yang di ajarkan Allah dan Rosullullah, Gunakan keyakinan dengan hati karena berdoa merupakan ibadah hati sesuai apa yang di ajarkan Allah dan Rosullullah. Karena ritual ini lebih bisa dipertanggungjawabkan kepada Allah dan semua ini lebih afdol.

Wahai kaum muslimin janganlah berdoa menggunakan perantara tulisan didalam facebook, karena Allah tidak membaca update status yang tulisanya mengandung doa tetapi Allah akan mengabulkan hamba jika berdoa langsung kepada Allah, langsung dalam artian adalah langsung ditujukan kepada Allah dan bukan ke facebook, bukankah tuhan kita adalah Allah dan bukan facebook. Wahai muslimin, bukankah filsafat doa adalah meminta dari hamba kepada tuhannya yang maha kuasa, maka jika seorang hamba ingin meminta sesuatu maka mintalah kepada Allah saja dan bukan meminta kepada yang selain allah yaitu facebook, karena facebook bukan tuhan. Sungguh tidak Layak kaum muslimin meminta kepada facebook, tidak layak kaum muslimin mengetik dengan tulisan yang isinya doa kepada Allah lewat facebook dimana facebook berisi orang-orang juga manusia dan bukan Tuhan. Berdasarkan alasan ini maka ternyata tujuan mereka berdoa lewat facebook ternyata bukan murni untuk Allah tetapi ada tujuan sampingan yaitu supaya dibaca orang, kesyirikankah hal ini…..

Wahai kaum muslimin alasan berikutnya adalah jikalau memang berdoa hanya kepada Allah semestinya sesuai aturan dan perintah dari Allah dan bukan sesuai dengan aturan dari facebook, yaitu melalui mengetik tulisan dengan cara menombol huruf lewat keyboard, lalu dikirimkan melalui saluran update status sehingga muncul di list update status, padahal seorang muslim seharusnya tahu, alasan apa seorang muslim sebelum melakukan suatu perbuatan, apakah sesuai dengan aturan islam atau tidak.  Seharusnya seorang muslim juga tahu dan faham bahwa tulisan tersebut pastilah ditujukan kepada orang-orang di facebook dan bukan kepada Allah, karena Allah adalah Allah, ada tata caranya sendiri jika ingin berkomunikasi dengan Allah, sedangkan facebook adalah facebok, ada tata cara tersendiri jika berkomunikasi lewat facebook. Dari situ bisa dipastikan Allah berbeda dengan facebook, maka jangan jadikan Facebook sebagai sarana meyampaikan doa serta tempat berdoa.  Berdasarkan hal tersebut meskipun niatnya kepada Allah, tetapi ternyata bisa jadi aplikasi tindakan kita tidak sesuai dengan aturan Allah, maka hasilnya mungkin adalah kesesatan, kesia-siaan, ketidakmanfaatan, pemborosan, dan malah tidak sampai pada Allah. Maka jelaslah bahwa niatnya mereka berdoa lewat facebook bukan karena Allah, niatnya hanya supaya orang lain tahu kalau dia sedang berdoa. Penyimpangan niatkah ini……

Wahai kaum muslimin alasan berikutnya adalah jikalau memang berdoa hanya kepada Allah, semestinya sesuai aturan dan perintah dari Allah dan bukan sesuai dengan aturan dari facebook. Sudah kita ketahui bahwa Allah pasti mengabulkan doa hamba lewat lisan hamba dan bukan dengan tulisan. Memangnya Allah akan mengabulkan doa seorang hamba lewat ketikan berupa tulisan, malah bisa jadi ini meniru agama lain, yaitu agama tertentu dimana agama tersebut di dalam ritual doa mereka harus menulis dulu, menulis dalam kertas lalu disebarkan kemana-mana, bukankah itu aneh padahal dalam islam tidak ada adab berdoa melalui tulisan apalagi ketikan, aneh bukan. Penyimpangan syariatkah ini. ….

Wahai kaum muslimin alasan berikutnya adalah jikalau memang berdoa hanya kepada Allah, semestinya sesuai aturan dan perintah dari Allah dan bukan sesuai dengan aturan dari facebook.  Allah pasti  mengabulkan doa hamba lewat lisan/suara hamba yang keluar dari organ mulut, serta berucap langsung kepada Allah menggunakan mulut dengan tangan tengadah kelangit dan bukan dengan organ tangan yang melakukan gerakan menombol papan keyboard sehingga muncul tulisan pada layar.  Memangnya Allah akan mengabulkan doa seorang hamba lewat ketikan berupa tulisan, memangnya Allah adalah kalangan Facebook, memangnya allah adalah anggota facebook. Wahai kaum muslimin, berucap dengan mulut merupakan adab berdoa kepada Allah dalam islam, Allah pasti mengabulkan doa kaum muslimin apabila melakukanya sesuai dengan adab dan perintah-Nya.  Wahai kaum muslimin sadarlah akan hal tersebut, karena berdoa lewaf facebook sangat menyelisihi apa yang di ajarkan oleh Allah dan Rasullallah.

Wahai kaum muslimin berdoa kepada Allah secara langsung menggunakan mulut kita merupakan kebenaran yang diajarkah oleh Allah dan Rosullullah, karena itu lebih afdol dan kembalilah ke syariat yang benar dan lurus. Wahai kaum muslimin janganlah mengetik kalimat doa melalui fasilitas facebook lewat perantara HP atau komputer lewat internet. Jika seorang muslim berperilaku demikian, maka luruskanlah serta ajarkanlah adab berdoa yang benar, karena ternyata perilaku tersebut sudah menyimpang jauh dari ajaran islam, terlebih dalam bab adab berdoa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s