Kenapa kita mengalami musibah?

22. tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS. Al-Hadid:22)

Musibah yang terjadi di bumi dan manusia yang menimpa tiap-tiap orang sudah di tulis oleh Allah sebelum bumi dan manusia di ciptakan oleh Allah. Jadi sangat tidak benar jika orang beranggapan di dalam masyarakat kita bahwa orang ditimpa musibah gara-gara :

–          Menikah  jejer wuwung (rumahnya satu baris)

–          Menikah kebo berik ( rumahnya berhadap-hadapan)

–          Menikah tidak cocok wetonnya ( hari kelahirannya)

–          Menikah tidak cocok nogo dinonya

–          Menikah tidak boleh pada bulan Suro Selo

Anggapan seperti atas itu sangat tidak benar karena di dalam islam tidak ada hari  maupun bulan yang buruk. Menurut hadist nabi :

Artinya : tidak ada adwa, tiyaroh, hamah dan shofar (HR. Bukhori dan Muslim)

Shofar: bulan ke dua dalam tahun hijriyah, yaitu bulan sesudah muharam. Orang-orang jahiliyah beranggapan bahwa bulan ini membawa nasib sial atau tidak mengguntungkan, yang demikian dinyatakan tidak ada oleh rasulullah  dan termasuk dalam anggapan seperti ini, merasa hari rabu mendatangkan sial dan lain-lain. Hal ini termasuk jenis tiyaroh, dilarang dalam islam.

Banyak orang yang tidak berpikir secara realistis, betapa banyak orang yang menikah yang menurut mbah dukun sudah cocok hari kelahirannya (dino pasaranya/wetonnya (pon-kliwon-wage-pahing-legi)), nogo dinonya, harinya, bulanya dan tanggal, tetapi tetap saja di timpa musibah.

Dan sudah menjadi ketetapan allah bahwa setiap orang pasti di uji dengan musibah. Firman Allah

155. dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(QS. Al-Baqarah:155)

Firman Allah

186. kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. jika kamu bersabar dan bertakwa, Maka Sesungguhnya yang demikian itu Termasuk urusan yang patut diutamakan. (QS. Ali-Imron:186)

Musibah betul datang dari allah, adapun fungsi musibah untuk menguji kesabaran dan meningkatkan derajat di sisi Allah kelak. Seperti anak-anak sekolah yang di beri ujian, bukan pak guru /ibu guru benar padanya tapi sebaliknya. Sebaliknya sangat sayang di beri ujian supaya bisa naik kelas..

Adapun musibah yang menimpa manusia disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. Firman Allah

30. dan apa saja musibah yang menimpa kamu Maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).(QS.Asy-Syuura:30)

Contoh seperti Gayus Tambunan yang sudah enak menjdi PNS tiba-tiba dia harus keluar dari PNS-nya karena korupsi yng dia lakukan. Itu semua disebabkan oleh tangan dia sendiri alias hasil dari perbuatanya sendiri.

Ada anggota DPR tiba-tiba dia harus dikeluarkan dari keanggotaan DPR karena video mesum yang dia sebarkan dan tersebar luas , itu semua disebabkan karena tangan dia sendiri.

Adapun fungsi musiba adalah untuk menghapus sebagian dosa-dosa kita. Nabi bersabda :

Artinya: tiada musibah yang mengganggu eorang mukmin pada tubuhnya melainkan allah menebus dengan musibah itu, sebagian dari dosa-dosanya. (HR. Ahmad)

Artinya : bila seseorang telah banyak berbuat dosa dan tidak mempunyai amal yang dapat menebus dosa-dosanya itu, maka Allah akan menimpakan kepadanya kesusahan-kesusahan untuk menjadi penebus dosa-dosa itu. (HR. Ahmad)

Adapaun allah memberitahukan bahwa musibah yang terjadi di bumi atau pada manusia sebelum bumi dan manusia diciptakan supaya manusia tidak terlalu gembira apabila mendapat nikmat dan supaya tidak putus asa apabila mendapat musibah. Firman Allah

23. (kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira[1459] terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. dan Allah tidak menyukai Setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.  (QS.Al-Hadid :23)

[1459] Yang dimaksud dengan terlalu gembira: ialah gembira yang melampaui batas yang menyebabkan kesombongan, ketakaburan dan lupa kepada Allah.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim apabila di timpa musibah? Jawabanya adalah Harus mengembalikan musibah itu kepada allah dan minta kepada allah supaya musibah itu diganti dengan sesuatu yang lebih baik. Firman Allah

156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”[101]  mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS.Al-Baqarah:156-157)

[101] Artinya: Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. kalimat ini dinamakan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah). Disunatkan menyebutnya waktu ditimpa marabahaya baik besar maupun kecil.

Ummu Salamah berkata: “pada suatu hari abu salamah pulang ke rumah dari majelis Rasullulah SAW dan berkata aku telah mendengar rasullulah SAW bersabda yang sampai menyenangkan hatiku :

Ummu salamah berkata: maka aku ingat pelajaran itu dan ketika mati abu salamah saya baca “inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun “ ya allah berikanlah padaku pahala dari musibah ini dan gantikan untukku yang lebih baik dari padanya, kemudian aku bertanya kepada diriku sendiri, “ siapakah orang yang lebih baik dari abu salamah bagiku?” kemudian sesudah selesai dari iddahku, tiba-tiba rasulullah minta izin kepadaku ketika aku menyamak kulit, lalu aku cuci tanganku bekas daun qorodh lalu aku izinkan nabi Muhammad SAW dan aku sediakan bantal untuk saudaranya, lalu nabi SAW duduk dan meminangku, maka ketika selesai dari ucapanya aku berkata ” ya rasulullah tidak mungkin aku tidak ingin padamu tetapi aku seorang wanita yang sangat cemburu, maka aku kwatir jangan sampai terjadi padaku sesuatu yang akan disiksa oleh allah dan aku juga sudah masuk umur (tua) dan aku juga mempunyai anak ” jawab nabi SAW “ adapun yang anda sebut mengenai cemburu, maka allah akan menghilangkanya, adapun mengenai umur maka aku juga sudah masuk umur(tua), adapun mengenai anak, maka anakmu juga anak, ummu salamah berkata, maka aku menyerah kepada rasulullah SAW dan terjadilah perkawinan.

Husain bin ali r.a. mengatakan bahwa rasullullah SAW bersabda:

Artinya: tiada seorang muslim yang ditimpa musibah kemudian setelah lama teringat kembali, meskipun sangat lama masanya kemudian ia membaca “inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun “, melainkan allah akan memperbarui keadaan itu lalu di berinya pahala seperti pada waktu menderita pertama kalinya (HR. ahmad, ibnu majah)

Meriwayatkan dari abu musa, rasulullah mengatakan bahwa :

Artinya : hai malaikat maut anda telah mencabut ruh putra dari hambaku! Anda telah mengambil buah hatinya dan kesayangan pandanganya. Jawab, ya” lalu ia berkata apa? Jawabnya “: ia membaca alhammdulillah, inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun “ , maka allah berfirman” bangunkan untuk hambaku itu rumah di surga, dan beri dia nama maitul hamda. (HR. Ahmad)

Kata alhamdu lillahi hadist di atas menunjukan bahwa orang yang di timpa musibah itu sadar betul bahwa musibah yang menimpa adalah bentuk kasih sayang sang khaliq kepada makluknya untuk menghapus sebagian dari dosa-dosanya dan meningkatkan derajat besok di akhirat.

Jadi musibah yang menimpa bumi atau manusia adalah betul-betul kehendak allah.

Firman allah

11. tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.(QS.At-Taqabun:11)

Referensi : tafsir ibnu katsir, kitab tauhid, al-quran terjemah

Penulis (sastro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s